Berbagai Manfaat Karpet dan Cara Perawatannya

Karpet adalah tekstil penutup lantai, terdiri dari lapisan atas yang melekat pada alasnya.Tumpukan permadani umumnya terbuat dari wol atau serat buatan manusia seperti polypropylene, dan biasanya terdiri dari lilitan-lilitan jumbai yang acapkali dipanaskan untuk mempertahankan strukturnya. Selama ini, karpet hanya dikenal orang sebagai alas penutup lantai atau alas duduk. Kali ini kita akan membahas manfaat karpet dan cara perawatannya, yuk simak!

Manfaat Karpet:

Menciptakan  Nuansa Pada Ruangan

gambar karpet ruangan 1

Variasi warna dan motif pada karpet bisa mendukung terwujudnya tema pada suatu ruangan. Contohnya, berwarna lembut dan bermotif floral, bisa menciptakan kesan romantic pada ruangan.

Sebagai Alas Furniture

Dengan adanya karpet sebagai alas, furniture akan terhindar dari pergesekan langsung dengan lantai. Pergeseran demikian, seringkali menimbulkan “cacat” pada permukaan lantai maupun furniture Anda.

Memberikan Kenyamanan

gambar karpet 2

Bahan dan tekstur benang atau bulu pada karpet berbeda-beda. Mulai dari yang halus hingga kasar. Perbedaan tersebut bisa memberikan sensasi tersendiri, pada saat menyentuh telapak kaki. Sehingga tercipta kenyamanan bagi orang-orang yang melangkah di atasnya.

Peredam Kebisingan

Keberadaan karpet bisa berfungsi sebagai peredam suara bising. Baik suara dari radio atau televisi, maupun langkah-langkah kaki. Karpet juga bisa meredam kebisingan yang mungkin terdengar antara lantai dan dua dalam rumah.

Menciptakan Vocal Point

gambar karpet 4

Dengan meletakkan karpet berwarna berbeda dari warna ruangan, Anda bisa menjadikan karpet sebagai titik perhatian (vocal point). Atau Anda juga bisa menempatkan karpet bermotif, jika ruangan Anda didomisili oleh furniture yang berkesan polos dan datar.

Cara Perawatannya:

Agar karpet tetap memiliki manfaat seperti yang di atas, sudah selayaknya kita harus menjaga dan melakukan perawatan. Perawatan karpet kami kategorikan menjadi 3, dan berikut ini adalah penjelasannya:

  • Perawatan harian, perawatan harian yang pertama pada karpet dapat dilakukan dengan cara dry vacuuming menggunakan mesin W/D Vacuum cleaner, tujuannya yaitu untuk menghisap debu dan kotoran kecil yang menempel pada permukaan karpet.
  • Kemudian cara yang kedua adalah spotting menggunakan mesin Carpet spotter/Gotcha (dilakukan jika terdapat noda atau bercak pada permukaan karpet).
  • Perawatan mingguan, untuk perawatan karpet mingguan bisa dilakukan dengan cara dry vacuuming menggunakan mesin MPV-14 karena didalam mesin ini terdapat brush silinder yang berfungsi sebagai penyisir bulu-bulu karpet sehingga debu dan kotoran mudah terhisap oleh mesin vacuum.
  • Perawatan Bulanan, setiap 3 bulan sekali lantai karpet harus dilakukan pencucian dengan cara shampoing karpet menggunakan mesin carpet extractor agar semua kotoran dan bau yang menempel pada karpet terangkat.

Bagus sekali ya manfaat karpet bagi rumah, bagi yang sudah memiliki karpet rawat dengan benar yah! agar menjadi hiasan mewah di rumah anda. Bagi yang belum punya mampir aja ke website HjKarpet.com ada banyak berbagai jenis karpet lhoo..

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Kami