Mengenal Karpet Ballroom

 

Karpet ballroom atau disebut juga karpet auditorium atau karpet function hall (karpet ruang serba guna) adalah karpet yang digunakan untuk ruangan yang luas dan umumnya digunakan untuk menggelar berbagai acara, mulai dari seminar, pertemuan, gathering, hingga wedding. Agar terlihat indah ballroom juga perlu diberi pelapis lantai karpet. Selain itu keberadaan karpet juga membuat aktifitas pengunjung di dalam ruangan menjadi lebih nyaman. Di pasaran ada beragam jenis karpet ballroom yang dapat dipilih sesuai selera atau kebutuhan.

Ragam Karpet Ballroom

Untuk mendapatkan desain yang serasi sebaiknya perhatikan konsep bangunan. Contohnya untuk ballroom dalam hotel yang dibangun dengan konsep alam hutan tropis, maka motif karpet yang cocok adalah motif/corak leopard yang menyerupai pola kulit harimau.

Bila dilihat dari cara pembuatannya, karpet pelapis lantai terdiri dari dua tipe, yaitu tenun dan rumbai. Rumbai artinya karpet dibuat dengan mesin tenun serta benang sintetis. Keunggulan produk ini adalah memiliki durabilitas atau ketahanan yang baik serta dapat digunakan dalam waktu yang panjang. Sementara produk karpet tenun dibuat dengan mesin tenun sehingga menghasilkan produk premium.

Material Dasar Karpet Ballroom

Bahan baku/material karpet untuk ballroom juga sangat bervariasi. Berikut ini adalah informasinya.

  • Polypropylene.

Bila dana yang tersedia tidak terlalu banyak karpet yang terbuat dari polypropylene adalah pilihan terbaik. Keunggulan dari material ini adalah teksturnya sangat halus dan bila terkena kotoran atau noda gampang dibersihkan dengan air dan sedikit cairan pembersih. Sayangnya material ini tak tahan lama karena benangnya mudah terlepas. Selain itu karena lebih tipis dibandingkan yang lain warna dan motif karpet juga lebih cepat pudar.

  • Twist pile.

Karpet tipe kedua ini dibuat dari serat-serat yang nyaman diinjak. Selain digunakan sebagai karpet untuk ballroom, twist pile juga cocok diaplikasikan untuk karpet koridor hotel tanpa lalu-lintas yang padat.

  • Karpet wool.

Alternative yang tepat bila ingin membuat interior ruangan tampak elegan serta mewah adalah karpet wool. Keunggulan produk yang satu ini adalah dibuat dari bahan yang halus sehingga terasa nyaman saat digunakan beraktivitas.

Karpet wool juga cukup tebal sehingga cocok digunakan untuk pelapis lantai di daerah-daerah bersuhu dingin.

  • Karpet sutra.

Bila ingin mengaplikasikan bahan sutra sebagai karpet ballroom Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar. Karpet ini ideal digunakan untuk ruangan-ruangan besar, semisal digunakan untuk ballroom, sehingga memiliki kesan yang sangat mewah dan berkelas. Sedangkan untuk hotel-hotel berbintang. Agar penempatan karpet ini sebagai karpet hotel lebih indah dan menjadi point of interest, sebaiknya jangan menempatkan terlalu banyak dekorasi agar tidak terkesan ramai, sehingga motif/desain karpet hotel tersebut lebih ter-ekspose.

  • Karpet nilon.

Selain karpet ini digunakan untuk ruang ballroom, karpet nilon juga sering diaplikasikan untuk melapisi interior gedung perkantoran. Alasan pemilihan bahan ini adalah harganya yang terjangkau serta mudah dirawat. Pemeliharaan produk ini cukup dengan mencucinya bila ada yang terkena kotoran dan menyedot debunya secara teratur dengan vacuum cleaner atau dry vacuum.

Karpet Ballroom Desain Khusus

Anda juga bisa memilih produk karpet custom untuk diaplikasikan sebagai karpet untuk ruang ballroom. Artinya karpet untuk ballroom tersebut dibuat khusus sesuai keinginan klien baik dari segi desain, motif, warna, serta material. Dengan begitu model karpet tersebut limited edition atau tak akan ditemukan di tempat lain selain di ballroom dimaksud.

Selain mendapatkan desain sesuai selera ukuran karpet juga dapat disamakan dengan luas ruangan secara akurat. Dengan begitu pelapis karpet akan terlihat lebih rapi tanpa sambungan. Karpet ballroom custom tentu saja harganya lebih mahal bila dibandingkan produk ready stock. Untuk mendapatkan produk karpet ballroom custom terbaik, pastikan Anda memilih mitra supplier atau distributor terpercaya. Salah satunya adalah memiliki pabrik sendiri untuk mengerjakan pesanan Anda.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Kami