Tips Menjaga Karpet Masjid di Masa New Normal

Karpet masjid beberapa waktu lalu sempat menjadi polemic di kalangan warga muslim. Pasalnya selama masa pandemi, pemerintah sempat memberikan himbauan pada Pengurus Masjid untuk menggulung semua karpet yang ada di ruangan  masjid nya.

KARPET MASJID DI ZONA HIJAU

Setelah situasi telah dianggap kondusif dan kasus penularan Covid-19 dinyatakan menurun. Beberapa 

yang berada di zona hijau telah diperbolehkan menggelar karpet masjidnya kembali. Namun yang menjadi permasalahan sekarang ini adalah bagaimana cara menjaga agar karpet masjid tergelar tetap bersih dan steril?

Bererapa tips menjaga kebersihan karpet masjid di masa new normal:


RUTIN MEMBERSIHKAN KARPET MASJID

Tips pertama adalah dengan cara rutin membersihkan karpet. Untuk karpet masjid berbahan sintetis, anda bisa membersihkannya dengan mencuci dengan air dan sabun. Namun ada beberapa karpet masjid yang memerlukan perawatan khusus dan membutuhkan tenaga proesional untuk mencucinya.

Untuk karpet masjid berbahan Polypropylene, anda bisa membersihkannya dengan cara di vacuum cleaner agar dapat menjaga permukaan karpet tetap bersih dan kering, sehingga tumbuhnya jamur dan kuman dapat dicegah.


SEMPROT DENGAN DESINFEKTAN

Menyemprot permukaan karpet masjid dengan cairan desinfektan merupakan cara yang tak kalah efektif untuk membasmi kuman dan virus di permukaan karpet. Anda bisa menggunakan desinfektan yang dijual di toko-toko atau membuatnya sendiri agar lebih hemat.


CARA MEMBUAT DESINFEKTAN SENDIRI

Cairan desinektan pada umumnya dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah desinfektan berbahan dasar air dan yang kedua cairan desinfektan berbahan dasar alkohol (alcohol base).

Pada cairan desinfektan berbahan dasar air, anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Caranya adalah dengan mencapurkan bubuk Chlorid dengan air suling/air mineral dengan perbandingan 1:200. Dengan kata lain untuk membuat 1 liter desinfektan, anda tinggal mencampur 5 mg Chloride dengan 1 liter air.

Untuk menjaga agar karpet masjid tebal tetap steril, anda bisa menyemprot permukaan karpet tiap selesai digunakan sholat berjamaah. Desinfektan berbahan dasar air tergolong aman meskipun sering digunakan. Sehingga anda tidak perlu ragu meskipun menggunakannya berulang-ulang.


SEDIAKAN HANDSANITIZER

Selain mensterilkan karpet masjid dengan cara mencuci dan menyemprot desinfektan, cara agar karpet masjid tetap bersih adalah dengan menjaga agar kuman dari luar tidak masuk kedalam masjid. siapkan handsanitizer di depan pintu masjid agar jamaah dapat mensterilkan tangannya sebelum masuk masjid. Dengan demikian kuman dan virus dari luar tidak akan ikut masuk ke dalam masjid..


TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

Menerapkan protokol kesehatan di rumah ibadah merupakan cara yang paling efektif untuk menjaga karpet masjid tetap bersih. Pastikan para jamaah masjid selalu memakai masker, mencuci tangan saat masuk masjid, dan menjaga jarak aman dengan jamaah lain.


CEGAH JAMAAH SAKIT MASUK MASJID

Pengurus masjid hendaknya melakukan tindakan agar lingkungan masjid selalu steril dari kuman dan virus, terutama virus penyakit. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan oleh pengurus masjid adalah dengan mencegah jamaah yang sakit masuk ke area masjid atau menempelkan sebuah himbauan diteras masjid agar jamaah mengetahui protokolnya. 

Pengurus masjid dapat mengecek suhu tubuh tiap jamaah yang hendak masuk masjid. Pengurus masjid juga hendaknya menghimbau kepada seluruh jamaah agar lebih sadar dan patuh terhadap protokol kesehatan.


PENCEGAHAN COVID-19 DI RUMAH IBADAH

Perlu adanya kerjasama antara pengurus masjid dan para jamaah. Jamaah harus sadar diri dan tidak memaksakan beribadah ke masjid jika dirasa kurang enak badan atau sakit.

Jika Pengurus Masjid dan para jamaah dapat bekerja sama dengan baik, maka area masjid yang steril dan bersih pastinya dapat diwujudkan. Dengan keadaan lingkungan masjid yang bersih serta karpet masjid yang steril diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19 serta penyakit lainnya di lingkungan rumah ibadah.


Demikian tips menjaga kebersihan karpet masjid di masa new normal. Semoga dapat diterapkan di lingkungan masjid anda.


Semoga berguna dan bermanfaat bagi DKM Masjid/Musholla.

Share:

Chat Kami