Berikut Khasiat Mengamalkan Sholawat Jibril yang Wajib Diketahui

 



Sholawat adalah salah satu bacaan umat Islam untuk memanjatkan doa dan memuji Nabi Muhammad SAW.

Lantas apa arti dan khasiat Sholawat JibrilSholawat Jibril sendiri menyimpan khasiat dan keutamaan sangat istimewah.

Sholawat Jibril dipercaya dapat membuka rezeki apabila diamalkan secara ikhlas, istiqamah, dan penuh penghayatan, bahkan dianjurkan dibaca sebanyak-banyaknya, tak tebatas.

Salah satu khasiat membaca Sholawat Jibril ini yaitu Allah SWT akan membukakan 70 pintu rahmat kepada setiap pengamalnya, tentu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.

Status keistimewaan ini sebegaimana dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi SAW yang berbunyi:

Telah berkata Al-Imam Asy-Sya’rani : Telah bersabda Nabi shollallohu alaihi wasallam: Barang siapa yang membaca solawat ini, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat;

Dan Allah akan meletakkan kecintaanNya pada kalbu-kalbu manusia. Tiada yang menjadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya.”

Shalawat itu dinamakan sebagai Sholawat Jibril karena yang pertama melafalkannya adalah Malaikat Jibril ketika diutus Allah untuk memberikan pengajaran kepada Nabi Adam AS.

صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ

Latin: Shollalloohu ‘alaa Muhammad

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad."

Sejumlah anjuran untuk mengamalkan Sholawat Jibril dilakukan setelah salat Dhuha yang bisa dibaca sebanyak 313 kali atau 1.000 kali selama 7 hari.

Semakin sering umat muslim bersholawat, maka semakin banyak berkah yang akan diperolehnya.

Namun, angka jumlah setiap bacaannya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Bahka, bagi yang mampu, dianjurkan untuk membaca Sholawat Jibril sebanyak-banyaknya, tak tebatas.

Perlu diperhatikan bahwa dalam mengamalkan sholawat Jibril bukan hanya soal angka, melainkan konsistensi diri dalam mengamalkannya. Artinya membacanya harus penuh penghayatan dan istiqamah.

"Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali, maka Allah akan berselawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya."

Imam Asy Sya’roniy berkata, Nabi SAW bersabda:

Barang siapa membaca sholawat jibril ini maka ia benar-benar telah membukakan 70 rahmat untuk dirinya. Dan Allah akan menjadikan manusia cinta kepadanya. Maka, tidak ada seorangpun yang marah kepadanya kecuali di dalam hatinya ada sifat munafik.”

Para ulama menyimpulkan bahwa faidah shalawat jibril ini sangat banyak, diantaranya yaitu:

1. Agar dicintai oleh setiap orang;

2. Diberikan rezeki yang berlimpah oleh Allah SWT;

3. Memiliki banyak pengikut;

4. Selalu diberikan keselamatan atau diberikan perlindungan oleh Allah SWT;

5. Lebih mendekatkan kita kepada Rasulullah SAW agar kelak kita mendapatkan syafaat Rasulullah SAW.

Nah itu dia Beberapa Manfaat dari sholawat jibril yuk sama-sama mengamalkan sholawat jibril ini. dan jangan lupa share artikel ini sebanyak-banyak nya agar semakin tau manfaat nya sholawat ini jika diamalkan. 

Share:

1 komentar:

Chat Kami